07 July 2022, 13:25 WIB

Joe Biden Coret Afghanistan dari Daftar Sekutu AS


Cahya Mulyana |

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden menghilangkan Afghanistan dari daftar sekutu AS non-NATO. 

Namun, hingga saat ini, Biden belum menjelaskan alasan pembatalan Afghanistan untuk mendapatkan alat pertahanan dari AS.

Keputusan tersebut berdasarkan surat dari Biden kepada Ketua DPR AS Nancy Pelosi. Surat itu kemudian diumumkan Nancy kepada Kongres AS pada Rabu waktu setempat.

Baca juga: Afghanistan Harapkan Bantuan Kemanusiaan dari Dunia Internasional

"Sesuai pasal 517 Undang-Undang Bantuan Luar Negeri 1961, sebagaimana telah diubah (22 U.S.C. 2321k), saya memberitahukan niat untuk membatalkan penunjukan Afghanistan sebagai Sekutu Utama Non-NATO," ujar Nancy saat membacakan surat dari Biden.

Pada Juli 2012, AS menyebut Afghanistan sebagai sekutu utama non-NATO, yang memudahkan Kabul untuk menerima peralatan pertahanan dari Washington.

Baca juga: AS Mau Tekan Rusia Lewat Forum G20

Diketahui, kelompok militan Taliban menguasai Afghanistan pada 15 Agustus 2021. Tindakan itu memaksa Presiden Ashraf Ghani dan pejabat tinggi Afghanistan lainnya untuk meninggalkan negara tersebut.

Perebutan kekuasaan yang tak terduga memicu serbuan warga untuk melarikan diri dari Afghanistan. Warga sipil bahkan membantu tentara atau kelompok asing, karena takut dengan pembalasan Taliban.(Anadolu/OL-11)

BERITA TERKAIT