06 July 2022, 12:38 WIB

Menlu Australia akan Berkunjung ke Indonesia


Miskah Syifa Putri |

MENTERI Luar Negeri Australia Penny Wong akan berkunjung ke Indonesia untuk berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Bali, pekan ini. Pertemuan itu memiliki peran penting dalam memastikan ketahanan pangan dan energi, yang keduanya terancam oleh invasi Rusia ke Ukraina. Pertemuan itu juga untuk mengirimkan pesan yang jelas ke pihak Rusia.

“Saya memuji Indonesia karena mengundang Ukraina untuk berpartisipasi sebagai tamu,” ujar Wong. 

“Saya juga akan berpartisipasi dalam pertemuan ke-21 Menteri Luar Negeri Meksiko, Indonesia, Republik Korea, Turki, dan Australia (MIKTA).” lanjutnya. 

Baca juga: Menlu AS Dipastikan Hadir di Pertemuan G20 di Bali

MIKTA bertujuan menjembatani hubungan antara negara berkembang dan negara maju dalam isu-isu global termasuk Ukraina, ketahanan pangan dan pengelolaan migrasi.

Menjelang pertemuan Menteri Luar Negeri G20, Wong juga akan berkunjung ke Singapura. 

Hubungan Australia dengan Singapura adalah salah satu hubungan yang paling dekat dan paling komprehensif. Singapura juga merupakan mitra perdagangan dan investasi terbesar Australia di Asia Tenggara. Mereka bekerja sama untuk merundingkan Perjanjian Ekonomi Hijau Australia-Singapura. Perjanjian ini akan berperan penting dalam memfasilitasi perdagangan dan investasi serta mendukung negara-negara mereka untuk mencapai tujuan nol emisinya.

“Saya menantikan pertemuan dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong, Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong, dan Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan.” ujar Wong.

“Dalam kuliah yang diselenggarakan oleh International Institute for Strategic Studies, saya akan memaparkan visi Pemerintahan Albanese untuk keterikatan dengan ASEAN dan negara-negara Asia Tenggara, di masa kompetisi strategis ini.” lanjutnya. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT