05 July 2022, 21:00 WIB

Blinken akan Temui Menlu Tiongkok saat di Bali


Mediaindonesia.com |

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan mengadakan pertemuan langka dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di sela-sela konferensi regional di Bali pada minggu ini. Ini dikatakan Departemen Luar Negeri AS, Selasa (5/7).

Wang dan Blinken, yang terakhir bertemu pada Oktober, akan bertemu di sela-sela pertemuan tingkat menteri Kelompok 20 di pulau wisata Indonesia itu, kata Departemen Luar Negeri, di tengah ketegangan tinggi pada berbagai masalah termasuk Taiwan. Pertemuan itu terjadi ketika Presiden AS Joe Biden menyuarakan harapan untuk percakapan baru dalam beberapa minggu mendatang dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping yang belum melakukan perjalanan internasional sejak pandemi covid-19.

Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa Blinken juga akan mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Indonesia, antara lain, dan kemudian melakukan perjalanan pada Sabtu ke sekutu AS, Thailand, untuk kunjungan yang dibatalkan tahun lalu setelah merebaknya wabah covid-19 di delegasi diplomat tinggi AS.

Baca juga: Iran Tutup Tiga Kafe di Qom karena Wanita tidak Berjilbab

Pertemuan antara Amerika Serikat dan Tiongkok, yang dulu rutin, hampir berakhir selama pandemi dan ketika ketegangan melonjak antara dua ekonomi terbesar dunia. Penasihat keamanan nasional Blinken dan Biden, Jake Sullivan, bertemu pada Maret 2021 di Alaska dengan mitra mereka dalam pertemuan yang berubah menjadi konfrontatif dengan para pejabat Tiongkok secara terbuka mencela Amerika Serikat.

Namun sejak bulan lalu, pembicaraan tampaknya menjadi lebih biasa, dengan pertemuan Sullivan pejabat senior kebijakan luar negeri Tiongkok Yang Jiechi di Luksemburg bulan lalu dan kepala pertahanan kedua negara berbicara di sela-sela konferensi di Singapura.

Biden berbicara melalui telepon dengan Xi pada Maret untuk pembicaraan yang sangat berfokus pada Ukraina. Amerika Serikat mengutuk dukungan Beijing untuk Rusia tetapi melihat sedikit tanda dukungan material untuk invasi.

Baca juga: Daftar Panjang Penembakan Massal di Amerika Serikat sejak 2009

Pembicaraan terakhir Blinken dengan Wang terjadi pada Oktober di Roma. Pertemuan itu terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran AS tentang Taiwan, yang telah dijanjikan Biden untuk dipertahankan jika Tiongkok menyerang negara itu yang dipandangnya sebagai wilayahnya. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT