04 July 2022, 04:23 WIB

Sejumlah Orang Tewas dalam Penembakan di Mal di Copenhagen


Basuki Eka Purnama |

AKSI penembakan di sebuah mal di Copenhagen, Minggu (3/7), menyebabkan sejumlah orang tewas dan beberapa lainnya terluka. Hal itu diungkapkan kepolisian Denmark sembari menambahkan mereka telah menahan seorang tersangka.

Gambar dari lokasi kejadian memperlihatkan orangtua menggendong anak mereka melarikan diri dari bangunan mal dan tenaga kesehatan membawa korban terluka menggunakan tandu.

"Kami kini mengetahui ada sjeumlah orang tewas," ujar Kepala Poklisi Copenhagen Soren Thomassen dalam sebuah konferensi pers sembari menambahkan ada sejumlah orang juga yang terluka.

Baca juga: Ratu Margrethe II Resmikan Museum Pengungsi di Denmark

Thomassen juga mengatakan polisi telah menangkap seorang tersangka dari etnik Denmark berusia 22 tahun. Namun, dia menegaskan masih terlalu dini untuk menyimpulkan motif aksi penembakan itu.

"Kami menyelidiki insiden ini tanpa menutup kemungkinan bahwa ini adalah aksi teror," tegas Thomassen.

Polisi menduga pelaku melakukan aksi ini sendirian namun mereka tetap meningkatkan penjagaan di berbagai mal dan lokasi lain di Copenhagen.

Saksi mata mendeskripsikan pelaku berusaha mengelabui orang-orang dengan mengatakan senjatanya adalah palsu agar orang-orang mendekat.

"Dia terlihat psikopat dan berusaha melukai banyak orang. Namun, dia tidak terburu-buru," ujar seorang saksi mata kepada stasiun televisi DR.

Saksi mata lainnya mengaku melihat lebih dari 100 orang berlari ke pintu ke luar mal saat bunyi tembakan terdengar.

"Kami bisa melihat banyak orang berlari ke pintu keluar dan kemudian kami mendengar bunyi tembakan," ungkap The Schmidt, yang juga ada di mal itu saat kejadian. "Kami kemudian ikut berlari." (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT