03 July 2022, 09:00 WIB

Menteri Ekonomi Argentina Mengundurkan Diri


Basuki Eka Purnama |

MENTERI Ekonomi Argentina Martin Guzman, yang memimpin perundingan utang negara Amerika Latin itu dengan IMF, Sabtu (2/7), mengundurkan diri, memicu ketidakjelasan di ekonomi ketiga di kawasan Amerika Latin itu.

Guzman tidak mengatakan alasan pengunduran dirinya dalam pernyataan kepada Presiden Alberto Fernandez namun hanya meminta pemimpin tengah-kiri itu mengatasi perpecahan di dalam kabinetnya sehingga menteri ekonomi penggantinya tidak mengalami kesulitan seperti yang dialaminya.

"Sangat penting bagi Anda untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di koalisi yang berkuasa," ungkap Guzman dalam pernyataan yang dilansir di Twitter.

Baca juga: Paraguay Tuding Pria dalam Pesawat Ditahan Argentina terkait Pasukan Quds

Pengunduran diri Guzman terjadi dua pekan setelah Wakil Presiden Cristina Kirchner, mantan presiden Argentina yang selama ini selalu mengkritik pemerintah, melontarkan serangan terhadap manajemen ekonomi Fernandez.

Analis politik Carlos Fara mengatakan pengunduran diri Guzman adalah skat mat bagi otonomi Fernandez dan memberikan keunggulan bagi Kirchner.

"Pengunduran ini sangatlah buruk bagi pasar. Bahkan, jika presiden dan wakil presiden bisa menyelesaikan perbedaan mereka, saat ini keunggulan ada di pihak Cristina Krichner," ungkap Fara.

Sebagai menteri ekonomi, Guzman diberi tugas menegosiasikan ulang utang sneilai US$44 miliar kepdaa IMF yang disebut pemerintah Argentina tidak sanggup mereka bayar. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT