27 June 2022, 17:36 WIB

Hari Kedua di Jerman, Presiden akan Hadiri KTT G7 dan Pertemuan Bilateral


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 yang digelar di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman, Senin (27/6) waktu setempat.

Kepala negara beserta rombongan bergerak dari Munich menuju lokasi acara dengan menumpangi helikopter militer tipe Sikorsky CH53. Tidak hanya membawa delegasi Indonesia, helikopter itu juga mengangkut Perdana Menteri India Narendra Modi bersama rombongannya.

Baca juga: KPK Terima Pemulihan Aset Kasus KTP-E dari AS Rp86,6 M

Jarak sekitar 100 kilometer ditempuh dalam kurun 30 menit. Di Schloss Elmau, Jokowi akan mengikuti rangkaian KTT G7 mulai dari penyambutan resmi oleh Kanselir Jerman, sesi pertemuan, hingga jamuan makan malam. 

"Selain itu, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara yaitu Kanselir Jerman, Presiden Perancis, Perdana Menteri India, Presiden Senegal, dan Perdana Menteri Kanada," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Jokowi hadir dalam KTT G7 sebagai negara mitra G7 bersama 4 pemimpin lainnya yaitu Presiden Argentina, Perdana Menteri India, Presiden Senegal, dan Presiden Afrika Selatan.

Dalam KTT G7 kali ini, kepala negara akan mendorong negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan krisis energi yang sedang melanda dunia. 

“Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita Indonesia akan terus berupaya," ucap Presiden di Jakarta sebelum keberangkatannya ke Munich, Minggu (26/6). (OL-6)

BERITA TERKAIT