23 June 2022, 15:00 WIB

Wina Kembali Jadi Kota Paling Nyaman untuk Dihuni


Basuki Eka Purnama | Internasional

IBU Kota Austria Wina kembali menjadi kota paling nyaman untuk dihuni di dunia. Hal itu terungkap dalam laporan tahunan The Economist, yang diterbitkan Kamis (23/6).

Ibu Kota Ukraina, Kiev, tidak dimasukkan ke dalam daftar kota paling nyaman untuk dihuni akibat invasi Rusia, Februari lalu. Adapun kota Rusia, Moskow dan Saint Petersburg, turun peringkat karena kebijakan sensor dan pengaruh sanksi dari negara-negara Barat.

Wina menggusur posisi Auckland, yang melorot ke peringkat 34 akibat pembatasan covid-19.

Baca juga: Kanselir Austria Desak Putin Akhiri Agresi Rusia di Ukraina

"Wina, yang turun ke posisi ke-12 pada awal 2021 setelah museum dan restoran di kota itu ditutup, bangkit lagi ke posisi teratas, posisi yang ditempatinya pada 2018 dan 2019," ungkap The Economist.

"Stabilitas dan infastruktur yang apik menjadi daya tarik utama kota itu. Hal itu juga ditopang oleh pelayanan kesehatan yang baik dan banyaknya peluang di bidang kebudayaan dan hiburan," lanjut majalah itu.

Eropa menempatkan enam kota di 10 besar daftar kota paling nyaman untuk dihuni.

Posisi Wina disusul oleh Ibu Kota Denmark, Copenhagen dan ibu kota Swiss, Zurich. Berikutnya ada kota Swiss lainnya, Jenewa, di posisi keenam, Kota Frankfurt di Jerman menempati posisi ketujuh, dan Amsterdam, di Belanda berada di posisi kesembilan.

Adapun Kanada menempatkan tiga kota yaitu Calgary di peringkat ketiga, Vancouver kelima, dan Toronto kedelapan.

Kota Osaka di Jepang dan Melbourne, Australia imbang di posisi kesepuluh.

Ibu Kota Prancis, Paris menduduki posisi 19 naik 23 posisi dari tahun lalu.

Ibu Kota Inggris, London, menduduki peringkat 33 sementara dua kota besar Spanyol, Barcelona dan Madrid, menempati posisi 35 dan 43. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT