22 June 2022, 09:28 WIB

Jet tempur Taiwan Halau Mundur 29 Jet Tiongkok


 Cahya Mulyana |

MILITER Taiwan mengerahkan jet untuk mengusir 29 pesawat Tiongkok yang memasuki zona pertahanan udaranya. Taipei juga menyertakan pesawat pengebom yang terbang ke selatan pulau dan ke Pasifik.

Pelanggaran wilayah udara oleh pesawat tempur Tiongkok pada Selasa, (21/6) adalah peningkatan ketegangan baru antara Taipei dan Beijing dan menandai pelanggaran zona pertahanan udara terbesar oleh Tiongkok sejak akhir Mei 2022.

Tiongkok terbaru saat mengerahkan 17 pesawat tempur dan enam pembom H-6, serta pesawat yang memiliki senjata elektronik, pesawat anti-kapal selam, dan pesawat pengisian bahan bakar udara, kata kementerian pertahanan Taiwan.

Taiwan mengirim pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat-pesawat Tiongkok. Taipei juga mengaktifkan sistem rudal untuk memantau rute pesawat Tiongkok, kata kementerian itu.

Baca juga: Tak Mau Taiwan Merdeka, Tiongkok Siap Berjuang Sampai Akhir

Taiwan, sebuah pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang diklaim Tiongkok telah mengeluh selama lebih dua tahun karena wilayah udaranya kerap disusupi pesawat Tiongkok.

Kepulauan Pratas.

Beberapa pesawat Tiongkok terbang di daerah timur laut Pratas, menurut peta yang dilaporkan Kementerian Pertahanan Taiwan.

Pesawat pengebom Tiongkok yang disertai dengan perangkat perang elektronik dan pesawat pengumpul intelijen, terbang ke Selat Bashi, yang memisahkan Taiwan dari Filipina, dan kemudian ke Pasifik sebelum kembali ke Tiongkok.

Manuver jet tempur Tiongkokj adalah pelanggaran zona udara terbesar sejak Taiwan melaporkan 30 pesawat Tiongkok memasuki ADIZ pada 30 Mei. Yang terbesar tahun ini terjadi pada Januari dan melibatkan 39 pesawat.

Perang zona abu-abu

Taiwan menyebut kegiatan militer semacam itu oleh Tiongkok sebagai perang zona abu-abu yang dirancang untuk melemahkan kekuatan Taiwan.

Tidak ada komentar langsung dari Tiongkok, yang di masa lalu mengatakan bahwa langkah tersebut adalah latihan yang bertujuan untuk melindungi kedaulatan negara.

Tiongkok meluncurkan kapal induk ketiganya pekan lalu bernama Fujian, mirip dengan nama provinsi di seberang Taiwan.

Militer Tiongkok melakukan latihan di sekitar Taiwan bulan lalu yang dikatakan sebagai peringatan serius terhadap kolusi.pulau yang dikelola secara demokratis dengan Amerika Serikat (AS).

Itu terjadi setelah Presiden AS  Joe Biden membuat marah Tiongkok dengan muncul untuk menandakan perubahan dalam kebijakan ambiguitas strategis Washington di Taiwan dengan mengatakan bahwa Washington akan terlibat secara militer jika Beijing ingin menyerang pulau itu.

Tiongkok telah meningkatkan tekanan pada Taiwan untuk menerima klaim kedaulatannya.

Pemerintah Taipei mengatakan menginginkan perdamaian tetapi akan membela diri jika diserang.

Kuartal terakhir 2021 menyaksikan lonjakan serangan ADIZ oleh Tiongkok, dengan pelanggaran satu hari terbesar pada 4 Oktober ketika 56 pesawat tempur Tiongkok memasuki zona tersebut.

Pesawat Tiongkok belum memasuki wilayah udara Taiwan, tetapi di ADIZ-nya, area yang lebih luas yang dipantau dan dipatroli Taiwan dan bertindak untuk memberi pulau itu lebih banyak waktu untuk menanggapi ancaman apa pun. (Aljazeera/Cah/OL-09)

BERITA TERKAIT