11 June 2022, 16:00 WIB

3.938 Calon Jemaah Haji dari Embarkasi Solo Sudah Tiba di Arab Saudi


Mediaindonesia.com |

CALON haji dari Embarkasi Solo yang sudah tiba di Arab Saudi hingga Sabtu sebanyak 3.938 orang menurut data Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH).

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu, mengatakan bahwa sudah ada 11 kelompok terbang (kloter) jemaah yang diberangkatkan dari Embarkasi Solo ke Arab Saudi.

Baca juga: KSP Sebut Peleburan Kelas BPJS Diuji Coba di RS Vertikal Kemenkes

Menurut dia, pesawat yang mengangkut jemaah kloter 11 yang meliputi calon haji asal Kendal dan Magelang dilaporkan sudah mendarat di Kota Madinah, Arab Saudi, pada Sabtu pukul 07.30 waktu Arab Saudi atau 11.30 WIB.

Setelah kedatangan jemaah kloter 11 Embarkasi Solo yang terdiri atas 360 orang di Madinah, ia melanjutkan, total ada 3.938 orang anggota jemaah dari Embarkasi Solo yang sudah berada di Tanah Suci.

Jemaah kloter 11 Embarkasi Solo diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali pada Jumat (10/6) pukul 22.35 WIB. 

PPIH Embarkasi Solo hingga Sabtu telah memberangkatkan 25,4 persen dari total 15.477 calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci pada tahun 2022.

PPIH Embarkasi Solo akan memberangkatkan 360 calon haji asal Kabupaten Magelang yang tergabung dalam kloter 12 ke Arab Saudi dari Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali pada Sabtu pukul 22.35 WIB.

Anggota jemaah kloter 12 sudah menerima uang saku 1.500 riyal, gelang identitas, dan paspor. Mereka akan mengikuti acara pelepasan di Gedung Muzdalifah pada pukul 20.05 WIB sebelum diterbangkan ke Tanah Suci.

Selain itu, PPIH Embarkasi Solo menerima kedatangan 358 calon haji asal Kabupaten Klaten dan Magelang yang tergabung dalam kloter 13 di Asrama Haji Donohudan.

Jemaah yang tergabung dalam kloter 13 dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada Minggu (12/6) pukul 10.15 WIB.

Sarip mengatakan bahwa hingga pemberangkatan jemaah kloter 11, ada empat calon haji yang dirujuk ke rumah sakit karena sakit sehingga tertunda berangkat ke Tanah Suci.

Ia memerinci, satu calon haji asal Kudus dirawat di RSUD Dr. Moewardi Solo serta masing-masing satu calon haji asal Rembang, Kendal, dan Magelang dirawat di RS TNI AU Karanganyar.

Menurut dia, keempat calon haji yang masih menjalani perawatan di rumah sakit tersebut dapat diberangkatkan ke Tanah Suci dengan kloter selanjutnya setelah sembuh dan mendapat rekomendasi dari dokter. (Ant/OL-6)

BERITA TERKAIT