09 June 2022, 20:32 WIB

KBRI Bern Sampaikan Kronologi Penemuan Jenazah Eril


Cahya Mulyana |

DUTA Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad menyampakan kronologi mengenai Penemuan WNI atas nama Emmiral Khan Mumtadz di Bern, Swiss. 

Dalam konferensi pers yang digelar virtual, Kamis (9/8) malam waktu Indonesia turut hadir Elpi Nazmuzzaman, Paman dari Emmeril Kahn Mumtadz, atau Eril. 

"Dengan berat hati saya mengabarkan bahwa kemarin Kepolisian Kanton Bern telah bertemu KBRI Bern untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah Ananda Eril sekitar pukul 06:50 pagi," ujar Muliaman.  

Sesuai prosedur yang berlaku, kata dia, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi fisik dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad tersebut adalah benar Ananda Eril. 

"Pada hari Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah Ananda Emmeril Kahn Mumtadz," urai Muliaman. 

Baca juga: Kemenlu RI: Benar Jasad Eril Ditemukan

Selanjutnya, sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke Pengadilan Kanton Bern, sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Ananda Eril dari pihak kepolisian ke pihak keluarga.

"Sekitar 2 jam lalu, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad Ananda Eril," tambahnya.

Ia menegaskan, KBRI Bern tentunya memastikan bahwa penghormatan terhadap hak-hak Ananda Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam. 

Untuk selanjutnya, KBRI terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi Ananda Eril ke tanah air. KBRI juga akan melakukan pengawalan proses repatriasi hingga Ananda Eril tiba di Indonesia.

"Kami mohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian agar seluruh proses persiapan kepulangan Ananda Eril dapat berjalan dengan lancar," pungkas Muliaman. (A-2)

BERITA TERKAIT