07 June 2022, 11:56 WIB

AS Perintahkan Penyitaan Dua Pesawat Milik Abramovich


Basuki Eka Purnama |

DEPARTEMEN Kehakiman Amerika Serikat (AS), Senin (6/6), telah memerintahkan penyitaan dua pesawat milik oligark Rusia Roman Abramovich dengan alasan kedua pesawat itu digunakan untuk melanggar sankso yang dijatuhkan kepada Rusia atas invasi ke Ukraina.

Departemen Kehakiman, dalam surat kepada pengadilan, menyebut kedua pesawat itu, sebuah Boeing 787-7 Dreamliner dan Gulfstream G650ER, telah diterbangkan ke wilayah Rusia, awal tahun ini, melanggar embargo ekspor untuk pesawat buatan AS ke Rusia pada 2 Maret lalu.

Sebelumnya, Abramovich telah dipaksa menjual klub sepak bola Liga Primer Inggris, Chelsea, selepas invasi Moskow ke Rusia, 24 Februari lalu.

Baca juga: Gantikan Roman Abramovich, Todd Boehly Pimpin Konsorsium Kepemilikan Chelsea

"Langkah itu dimaksudkan agar orang-orang yang dekat dengan pemerintah Rusia agar menjaga jarak dari Kremlin sehingga perang bisa segera berakhir," ujar Direktur Kleptocapture Departemen Kehakiman AS, Andrew Adams.

Kedua pesawat, yang diperkirakan Departemen Kehakiman AS bernilai US$400 juta, diperkirakan berada di luar jangkauan pemerintah AS di Rusia.

"Kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyita pesawat itu dan kami akan mengawasi pergerakannya," ungkap Adams. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT