06 June 2022, 19:48 WIB

Alfiah dan Mastewal yang Muda Berkarya lewat Digital


Rahdhini Ikaningrum |

TIDAK pernah sekali pun tebersit di benak Alfiah Rizqi Ramdhini dapat hadir di acara internasional Generation Connect Global Youth Summit di Kigali, Rwanda, pada 2-4 Juni. Alfiah diundang hadir langsung di acara internasional ini.

Mahasiswa semester I Institut Teknologi Bandung itu terpilih sebagai salah satu dari 12 perempuan muda di dunia dalam Generation Connect Gender Champions. Alfiah terpilih setelah lolos seleksi dari 400 peserta.

Seumur hidupnya, baru kali inilah Alfiah melakukan perjalanan dengan penerbangan. Namun sekalinya terbang melancong, ia langsung menuju benua Afrika. Meski begitu, kondisi tersebut tidak menyurutkan nyali mahasiswa Jurusan Ilmu Meteorologi ini untuk leluasa berkomunikasi dan bekerja sama dengan generasi muda dari berbagai negara.

Kisah berbeda datang dari Ethiopia. Mastewal Alemu diundang datang langsung ke Kigali setelah terpilih sebagai salah satu generasi muda berprestasi. Di usianya yang ke-28 tahun. Mastewal sudah memiliki dan membuka sendiri usaha fesyen.

Baca juga: Generation Connect Global Youth Summit Digelar Perdana di Rwanda

Mastewal ialah seorang perancang busana sekaligus pemilik merek busana Afro-Figure sejak 2019. Ia sebelumnya asisten pengajar di Institut Teknologi Perusahaan Tekstil dan Mode Ethiopia. Setelah mendapatkan pelatihan selama 1,5 tahun dari International Telecommunication Union, ia mengaku mantap untuk mandiri dan menekuni usaha desainer fesyen. Teknologi digital sudah menjadi jendela untuk memperkenalkan produk dan kreasinya ke dunia.

Alfiah dan Mastewal hanyalah segelintir dari generasi muda dunia yang lahir di zaman serbadigital. Menurut data International Telecommunication Union, lebih dari 71% penduduk dunia yang berusia 15 hingga 24 tahun saat ini ialah pengguna internet. Teknologi digital yang makin inklusif menembus semua batas ruang dan waktu. Pengetahuan dan pemahaman tentang dunia digital yang aman menjadi kunci untuk masa depan generasi muda. (OL-14)

BERITA TERKAIT