31 May 2022, 20:12 WIB

I24News Media Israel yang Buka Biro Pertama di Maroko


Mediaindonesia.com |

SALURAN berita internasional i24News membuka biro di Rabat dan Casablanca pada Selasa (31/5). Ini perusahaan media berbasis di Israel yang pertama melakukannya di Maroko, setelah pemulihan hubungan pada 2020.

Saluran, yang mengudara dalam bahasa Arab, Inggris, dan Prancis dari kantor pusatnya di kota pelabuhan Israel Jaffa, itu telah membuka biro Dubai setelah Israel menormalkan hubungan dengan Uni Emirat Arab pada tahun yang sama.

"Saya percaya bahwa peluncuran biro kami di Maroko akan memosisikan i24News sebagai pemain terkemuka di pasar media dan berita di negara-negara Maghreb dan Afrika," kata CEO Frank Melloul dalam suatu pernyataan.

Maroko memulihkan hubungan dengan Israel dalam kesepakatan yang ditengahi AS pada 2020 yang membuat pemerintahan Presiden Donald Trump mengakui kedaulatan Rabat atas wilayah Sahara Barat yang disengketakan.

Baca juga: Israel Pertimbangkan Cap Terorisme untuk Dua Kelompok Ekstremis Yahudi

Perjanjian tersebut, dan kesepakatan serupa yang ditandatangani oleh UEA dan Bahrain, melanggar konsensus Arab selama beberapa dekade bahwa tidak boleh ada normalisasi hubungan dengan Israel tanpa kesepakatan damai yang komprehensif dengan Palestina.

Mereka mendapat reaksi marah dari Palestina dan pendukung mereka di seluruh dunia Arab. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT