25 May 2022, 11:44 WIB

Provinsi di Kanada Konfirmasi 15 Kasus Cacar Monyet


 Nur Aivanni |

PROVINSI Quebec di Kanada mengonfirmasi 15 kasus cacar monyet pada Senin (23/5). Itu disampaikan oleh departemen kesehatan Quebec pada Selasa (24/50.

Hampir 20 negara di mana cacar monyet tidak endemik telah melaporkan wabah penyakit virus itu baru-baru ini, dengan lebih dari 230 infeksi yang dikonfirmasi atau diduga sebagian besar di Eropa.

Menteri Kesehatan (Menkes) Federal Kanada Jean-Yves Duclos mengatakan lebih banyak sampel dari bagian lain negara itu sedang dikirim ke laboratorium di Winnipeg untuk pengujian.

"Kami memperkirakan lebih banyak kasus dikonfirmasi dalam beberapa hari mendatang," kata Jean-Yves Duclos dalam sebuah pernyataan.

Namun, Menkes tidak menjelasjan gejala apa yang ditunjukkan orang yang terinfeksi cacar monyet atau seberapa serius kondisi mereka.

Baca juga: Jumlah Kasus Cacar Monyet di Spanyol Meningkat

Cacar monyet adalah infeksi virus langka yang mirip dengan cacar manusia, meskipun lebih ringan, pertama kali tercatat di Republik Demokratik Kongo pada 1970-an. Jumlah kasus di Afrika Barat telah meningkat dalam dekade terakhir.

Kanada mengonfirmasi dua kasus pertama cacar monyet pada pekan lalu setelah pihak berwenang di Quebec mengatakan mereka sedang menyelidiki 17 kasus yang dicurigai cacar monyet.

"Saya ingin menegaskan kembali kepada warga Kanada bahwa ini adalah situasi yang berbeda dari yang kita lihat dengan munculnya covid-19," kata Duclos, yang mencatat bahwa tidak seperti pandemi virus korona, Kanada sudah memiliki persediaan vaksin. (CNA/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT