23 May 2022, 15:41 WIB

Biden Dukung Langkah Jepang untuk Perkuat Pertahanan


Nur Aivanni |

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendukung rencana Jepang untuk meningkatkan aspek pertahanannya. Hal itu diutarakan Biden dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Fumio Kishida.

Kedua pemimpin negara berkomitmen untuk melawan pengaruh Tiongkok yang semakin besar di Asia. Biden, dalam perjalanan pertamanya ke Asia sejak menjadi Presiden AS, mengunjungi kawasan itu seiring tumbuhnya kekhawatiran tentang dominasi Tiongkok di rantai pasokan dan keamanan.

Baca juga: Taiko, Tradisi Gendang Jepang yang masih Bergema di Era Kiwari

Gedung Putih mengungkapkan bahwa Presiden AS memuji tekad Kishida untuk memperkuat kemampuan pertahanan Jepang. Kedua pemimpin pun siap menghadapi perilaku Tiongkok yang semakin bertentangan dengan hukum internasional.

NHK melaporkan bahwa Biden mendukung Jepang untuk menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Landasan kunjungan Biden ke Asia merupakan peluncuran Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik. Itu sebuah rencana luas yang menyediakan pilar ekonomi untuk keterlibatan AS pada kawasan Asia.

"Aliansi AS-Jepang sudah lama menjadi landasan perdamaian dan kemakmuran di Indo-Pasifik. AS berkomitmen penuh untuk pertahanan Jepang," tutur Biden pada awal pembicaraan dengan Kishida di Tokyo.

Baca juga: Joe Biden: Nasib Demokrasi AS di Ujung Tanduk

Sebelumnya, Biden bertemu dengan Kaisar Naruhito. Lalu, berbicara sebentar di pintu masuk, sebelum diantar masuk ke istana. Biden memberikan salam atas nama rakyat AS, sekaligus menyoroti kekuatan hubungan AS-Jepang.

Masalah Korea Utara juga akan menjadi agenda kunjungan Biden. Pemimpin AS itu dijadwalkan bertemu dengan keluarga Jepang yang diculik Korea Utara.(MalayMail/OL-11)

BERITA TERKAIT