21 May 2022, 08:02 WIB

Meksiko Laporkan Kematian Pertama Anak Karena Hepatitis Akut


mediaindonesia.com |

OTORITAS Meksiko melaporkan adanya kematian seorang anak karena hepatitis parah dengan asal yang tidak diketahui di negara tersebut. Kematian itu menjadi yang pertama di Amerika Latin saat kasus menyebar di seluruh dunia.

Anak berusia tiga tahun yang berasal dari negara bagian tengah, Hildago, dipindahkan ke rumah sakit di Mexico City, namun meninggal pekan ini. Hal tersebut disampaikan Sekretariat Kesehatan Hildago.

Sementara tiga kasus dugaan penyakit lainnya sedang dipelajari di negara bagian yang sama.

Hepatitis akut tidak biasanya terlihat pada anak-anak, tetapi dalam beberapa pekan, para dokter sudah mengamati peningkatan kasus yang melibatkan peradangan hati di antara anak usia di bawah lima tahun yang sehat. Sedangkan di tataran global, enam anak telah meninggal dunia.

Baca juga:  Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

Asal dan kasus-kasus tersebut masih belum diketahui, sehingga tidak dapat dikaitkan dengan varian hepatitis yang paling sering (A, B, C, D atau E) dengan keracunan atau efek autoimun.

Para ahli penyakit tidak mengesampingkan hubungan dengan infeksi covid-19 sebelumnya, tetapi mengatakan kasus hepatitis tidak disebabkan oleh vaksin covid.(Ant/OL-5)

BERITA TERKAIT