18 May 2022, 16:41 WIB

Jepang Desak Tiongkok Ambil Sikap dalam Krisis Ukraina


Nur Aivanni |

KEMENTERIAN Luar Negeri Jepang mendesak Tiongkok untuk memainkan peran yang bertanggung jawab atas invasi Rusia ke Ukraina.

Hal itu mengemuka dalam pembicaraan pertama dengan Tiongkok dalam enam bulan terakhir. Jepang telah bergabung dengan sekutu Barat untuk menjatuhkan sanksi keras terhadap Rusia atas krisis di Ukraina.

Baca juga: 35 Negara Perkuat Alutsista untuk Ukraina

Di lain sisi, Tiongkok masih enggan untuk mengutuk invasi yang digencarkan Rusia. Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan kepada mitranya dari Tiongkok, Wang Yi, bahwa invasi Rusia merupakan pelanggaran terhadap Piagam PBB dan hukum internasional.

Pihaknya pun mendesak Tiongkok untuk memainkan peran yang bertanggung jawab dalam menjaga perdamaian dan keamanan dunia. Pembicaraan antara kedua menlu itu merupakan yang pertama sejak November lalu.

Baca juga: Ini Alasan Rusia Mati-matian Kepung Mariupol

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dijadwalkan tiba di Jepang pada pekan ini. Sebelumnya, rombongan Biden menyambangi Korea Selatan.

Biden dijadwalkan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Serta, menghadiri pertemuan kelompok Quad, yang mencakup Australia dan India.(AFP/OL-11)

BERITA TERKAIT