18 May 2022, 15:20 WIB

Iran Sita Kapal Tanker Asing yang Diduga Penyelundup Bahan Bakar


Mediaindonesia.com |

ANGKATAN Laut Iran menyita kapal asing di Teluk dan menangkap awaknya karena dicurigai menyelundupkan bahan bakar. Ini merupakan hasil dalam operasi kedua dalam seminggu.

"Satu kapal asing, yang membawa 550.000 liter bahan bakar selundupan, disita di perairan Teluk Persia," kata kepala pengadilan provinsi Hormozgan, Mojtaba Ghahremani, kepada TV pemerintah. 

"Bahan bakar yang diselundupkan disita dan tujuh anggota awak ditangkap," tambahnya tanpa menyebutkan kewarganegaraan mereka.

"Pasukan operasional dan kapal angkatan laut Republik Islam itu menyita kapal tersebut dan mengawalnya ke pelabuhan," kata Ghahremani. "Kapal itu telah diserahkan kepada otoritas kehakiman untuk proses hukum dan penyelidikan yang diperlukan."

Baca juga: PM Israel Restui Ekspansi Permukiman Ilegal di Tepi Barat

Angkatan Laut Iran telah meningkatkan operasinya melawan penyelundupan bahan bakar di jalur laut Teluk, tempat sebagian besar minyak dunia diproduksi dan dikirim.

Pada hari Jumat, Ghahremani mengatakan dua kapal disita dan enam awak mereka ditahan. Bulan lalu, setidaknya tiga penyitaan serupa dilaporkan pada 9, 15, dan 24 April. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT