18 May 2022, 06:00 WIB

Petani Venezuela Dinyatakan Sebagai Pria Tertua di Dunia


Basuki Eka Purnama |

SEORANG petani Venezuela berusia 112 tahun secara resmi diakui sebagai pria tertua di dunia seiring meninggalnya pemegang rekor sebelumnya, seorang pria asal Spanyol. Hal itu diungkapkan Guinness World Records, Selasa (17/5).

Juan Vicente Perez dikonfirmasi menjadi pria tertua di dunia pada Februari lalu, ungkap Guinness di laman daring mereka.

"Dia dalam kondisi sehat dan ingatannya tetap tajam. Dia masih ingat masa kecilnya, pernikahannya, nama saudara, anak, dan cucunya," kata Guinness.

"Dia suka dikelilingi oleh keluarga dan teman-temannya untuk berbincang dan berbagi cerita," lanjut Guinness.

Baca juga: Bamsoet Dukung Jefri Setiawan Pecahkan Rekor Dunia Bermain Piano

Perez lahir pada 27 Mei 1909 di Negara Bagian Tachira. Saat berusia 5 tahun,  dia sudah membantu orangtuanya memanen tebu dan kopi.

Di usia dewasa, Perez bekerja sebagai polisi dan membantu menyelesaikan sengketa lahan di kota tempat tinggalnya.

Dia menikah selama 60 tahun hingga istrinya Ediofina del Rosario Garcia tutup usia pada 1997.

Mereka memiliki 11 anak. Perez, kini, memiliki 41 cucu, 18 cucu, dan 12 cicit.

Kepada Guinness, Perez mengatakan rahasia dari umur panjangnya adalah bekerja keras dan bersitirahat saat libur. Tidur lebih cepat dan minum aguardiente (minuman khas Venezuela) setiap hari. Mencintai Tuhan dan selalu membawa-Nya dalam hati.

Pria tertua sebelumnya adalah warga Spanyol Saturnino de la Fuente Garcia, yang meninggal dunia pada Januari lalu, sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke-113.

Adapun status orang tertua dunia disandang perempuan Prancis Lucile Randon, biarawati yang lahir pada 11 Februari 1904 atau berusia 118 tahun. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT