15 May 2022, 15:25 WIB

Israel Buka kembali Penyeberangan Gaza setelah Tutup Dua Minggu


Mediaindonesia.com | Internasional

ISRAEL membuka kembali pada Minggu (15/5) satu-satunya penyeberangan dengan Jalur Gaza untuk pekerja Palestina. Ini setelah negara Yahudi itu menutupnya hampir dua minggu karena kerusuhan, kata kementerian pertahanan.

"Menyusul penilaian situasi keamanan, telah diputuskan untuk membuka Erez Crossing bagi pekerja dan pemegang izin dari Jalur Gaza ke Israel, mulai Minggu," kata COGAT, unit kementerian pertahanan Israel yang bertanggung jawab atas urusan sipil Palestina.

Penyeberangan itu digunakan oleh 12.000 warga Palestina dengan izin masuk ke Israel untuk bekerja. Israel telah menutup penyeberangan pada 3 Mei menjelang peringatan nasional dan hari kemerdekaan Israel dan di tengah kekerasan Palestina dalam Tepi Barat yang diduduki, meskipun dari Gaza sepi.

Baca juga: Israel Perintahkan Penyelidikan Soal Serangan Prosesi Pemakaman Jurnalis Abu Akleh

Israel dan Hamas, penguasa militan di daerah kantong pantai yang miskin itu, telah berulang kali berperang selama 15 tahun terakhir, terakhir pada Mei tahun lalu. Pihak berwenang Israel khawatir ketegangan dan kekerasan di dalam dan sekitar Jerusalem selama April, ketika umat Islam merayakan bulan suci Ramadan, akan membawa konflik lain dengan Gaza, tetapi itu tidak terjadi.

Laporan Bank Dunia baru-baru ini menempatkan tingkat pengangguran di Gaza, wilayah Palestina berpenduduk sekitar 2,3 juta orang, hampir 48%. Pekerjaan di Israel merupakan jalur kehidupan vital bagi perekonomian daerah kantong itu. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT