14 May 2022, 05:18 WIB

Presiden Uni Emirat Arab Tutup Usia


Basuki Eka Purnama |

PRESIDEN Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan, Jumat (13/5) meninggal di usia 73 tahun setelah bertahun-tahun menderita sakkit.

Sheikh Khalifa menjabat saat negara itu mengalami kejayaan ekonomi. Dia disemayamkan di Taman Pemakaman Al Bateen di Abu Dhabi, beberapa jam setelah dikonfirmasi mangkat.

Upacara pemakaman Sheihk Khalifa dipimpin oleh saudara tirinya, yang akan menjadi penggantinya, Mohamed bin Zayed, yang telah lama menjadi pemimpin de fakto UEA.

Baca juga: UEA Vonis Hukuman Mati Wanita Israel karena Punya Narkoba

"Warga Emirat bersatu dalam duka saat kami kehilangan pemimpin dan presiden, Khalifa bin Zayed," cicit Mohamed bin Zayed, yang akrab disapa MBZ.

Salah satu raihan yang paling terkenal dari masa pemerintahan Sheikh Khailfa adalah gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, yang namanya diubah setelah sang presiden menyelamatkan negara yang sempat dilanda krisis ekonomi pada 2009 itu.

Bendera dikibarkan setengah tiang di kantor kementerian dalam negeri di Abu Dhabi dan gedung pemerintahan lainnya di awal masa berkabung selama 40 hari dan seluruh kantor, baik swasta maupun pemerintah, diliburkan hingga Selasa (17/5). (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT