13 May 2022, 22:01 WIB

Penguasa Abu Dhabi Wafat, Luhut Kenang Sosok Sheikh Khalifa yang Dinilai Mirip Presiden Jokowi


Insi Nantika Jelita | Internasional

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan duka atas meninggalnya Presiden dan Penguasa Abu Dhabi Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Jumat (13/5).

"Belasungkawa saya sampaikan kepada seluruh jajaran pemerintah Uni Arab Emirat (UAE) atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden UAE dan Raja Abu Dhabi pada hari ini," tulisnya dalam akun instagram @luhut.pandjaitan. 

Ia pun mengenang sosok Sheikh Khalifa yang sempat ditemui. Menurut Luhut, penguasa Abu Dhabi itu memiliki kesamaan dengan sikap Presiden Indonesia Joko Widodo.(Jokowi).

"Sosok Sheikh Khalifa yang saya kenal punya banyak kemiripan dengan Presiden Joko Widodo, yaitu seorang pendengar yang baik, begitu rendah hati dan punya kepedulian yang tinggi pada kepentingan rakyat," ungkapnya. 

Baca juga : Dubes RI untuk Ukraina Wafat, Kemlu Berkabung

Luhut berujar sosok Sheikh Khalifa berperan pesar dalam membangun UAE dengan memimpin restrukturisasi besar-besaran, sehingga negara tersebut mengalami kemajuan, baik dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun kesejahteraan rakyatnya sendiri.

"Terlebih Sheikh Khalifa adalah pemimpin UEA yang pertama kalinya menginisiasi sistem nominasi untuk anggota Dewan Nasional Federal, di mana langkah tersebut adalah inovasi dalam sistem pemilihan langsung di Uni Arab Emirat," jelasnya.

Luhut menambahkan, berkat kerja sama Indonesia dan Uni Emirat Arab dapat meningkatkan kemajuan bangsa dalam membangun negeri yang modern pengetahuannya sekaligus memakmurkan rakyatnya.

"Saya memahami bahwa hari ini tidak ada yang lebih berduka dan kehilangan seperti rakyat Uni Arab Emirat serta Pangeran Mohammad Bin Zayed Al Nahyan, atas berpulangnya kakak tercinta yang selama ini berperan penting dalam membawa Uni Arab Emirat menjadi negeri yang maju," pungkas Luhut. (OL-7)

BERITA TERKAIT