09 May 2022, 23:56 WIB

Laos akan Izinkan Masuk Wisatawan yang Sudah Divaksin Covid-19 Lengkap


Nur Aivanni |

LAOS akan mencabut pembatasan masuk untuk turis yang sudah divaksin covid-19 lengkap mulai Senin (9/5) setelah negara itu melaporkan penurunan kasus dan kematian akibat virus korona.

Negara kecil di Asia Tenggara itu mengalami penurunan 80% dalam jumlah wisatawan internasional pada tahun 2020. Sebanyak 4,7 juta turis asing mengunjungi negara tersebut pada tahun sebelumnya.

Sejak Januari, para pelancong diminta untuk menyelesaikan karantina selama tujuh hari, menunjukkan hasil tes negatif untuk covid-19 dan dibatasi untuk bepergian di dalam area tertentu dengan grup wisata yang disetujui secara resmi.

Wakil Menteri dan Wakil Kepala Kantor Perdana Menteri Thipphakone Chanthavongsa mengatakan rekomendasi satgas bahwa langkah-langkah untuk memasuki Laos dan relaksasi untuk penduduk setempat telah disetujui.

"Pemerintah melihat sudah waktunya untuk mengembangkan ekonomi," katanya.

Dengan adanya langkah-langkah pelonggaran itu, pos pemeriksaan internasional dibuka kembali untuk warga negara Laos dan orang asing, asalkan mereka divaksin lengkap.

Baca juga:  Indonesia - Laos Akan Teken MoC Bidang Hukum

Sementara, pengunjung yang tidak divaksinasi harus menunjukkan hasil rapid test antigen yang dikeluarkan dalam waktu 48 jam setelah meninggalkan negara asal mereka.

Wisatawan juga harus membayar sendiri biaya pengobatannya jika mereka dinyatakan positif covid-19.

Pejabat Laos menambahkan bahwa pub dan bar karaoke dapat dibuka kembali. Negara tersebut telah melaporkan 663.533 kasus virus korona dan 16.509 kematian.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT