09 May 2022, 09:20 WIB

Jill Biden Kunjungi Slovakia dan Ukraina di Hari Ibu


Nur Aivanni |

IBU Negara AS Jill Biden melakukan kunjungan ke Ukraina pada hari Minggu (8/4). Dia bertemu dengan mitranya dari Ukraina Olena Zelenska di sebuah sekolah yang melindungi warga sipil yang mengungsi akibat perang.

"Saya ingin datang pada Hari Ibu. Saya pikir penting untuk menunjukkan kepada rakyat Ukraina bahwa perang ini harus dihentikan dan perang ini brutal dan bahwa rakyat Amerika Serikat mendukung rakyat Ukraina," kata Biden kepada wartawan.

Dia melakukan perjalanan ke Ukraina dari Slovakia sebagai bagian dari tur regional yang mencakup Rumania. Dan, itu dimaksudkan sebagai bentuk lain dari dukungan Amerika untuk Ukraina dan negara-negara yang membantunya setelah invasi Rusia.

Seorang pejabat AS yang bepergian dengan istri Presiden Joe Biden juga mengatakan itu adalah penampilan publik pertama Zelenska sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Zelenska berterima kasih kepada Biden atas tindakan yang sangat berani. "Karena kami memahami apa yang diperlukan ibu negara AS untuk datang ke sini selama perang ketika aksi militer terjadi setiap hari," katanya kepada Biden.

Menurut PBB, hampir 5,5 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi. Dan, lebih dari 360.000 dari mereka telah menyeberang ke Slovakia.

Di Rumania, Biden juga bertemu dengan para pengungsi Ukraina pada Sabtu. "Kami mendukung Anda, saya harap Anda tahu itu," katanya di sebuah sekolah di Bucharest, yang ditemani oleh mitranya dari Rumania, Carmen Iohannis, menurut gambar yang disiarkan oleh televisi publik TVR.

Lebih dari 810.000 orang Ukraina telah memasuki Rumania sejak dimulainya perang, menurut angka PBB yang dirilis pada 29 April. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Inggris Jatuhkan Sanksi Baru terhadap Rusia-Belarus

BERITA TERKAIT