06 May 2022, 22:57 WIB

Kasus Harian Covid-19 di Afrika Selatan Melonjak 50% dalam Sehari


Nur AivanniĀ  |

KASUS baru covid-19 di Afrika Selatan melonjak lebih dari 50% pada Kamis dari hari sebelumnya, menurut data resmi di tengah lonjakan infeksi yang didorong oleh dua sub-varian baru omikron.

Institut Nasional untuk Penyakit Menular melaporkan bahwa 9.757 kasus baru covid-19 diidentifikasi, naik dari 6.170 kasus pada Rabu.

Baca juga: Ukraina: Hampir 500 Warga Sipil Dievakuasi dari Mariupol

Angka tersebut menunjukkan bahwa 25,9%, atau lebih dari satu dari empat orang yang melakukan tes, mencatat hasil positif covid-19. Itu adalah tingkat positif tertinggi dalam beberapa bulan terakhir dan datang saat musim dingin tiba.

Dikatakan lembaga itu, tujuh kematian juga tercatat dalam 48 jam terakhir.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu mengatakan bahwa dua sub-varian omikron, BA.4 dan BA.5, berada di balik lonjakan kasus di Afrika Selatan.

Namun dia mengatakan terlalu dini untuk mengetahui apakah sub-varian baru itu dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada sub-varian omikron lainnya.

Pada Kamis, pemerintah Afrika Selatan mencabut pengumuman sebelumnya yang menyatakan anak-anak sekolah tidak lagi diharuskan memakai masker.

Penarikan tersebut terjadi 16 jam setelah Kementerian Kesehatan mencabut persyaratan bagi anak-anak sekolah untuk memakai masker.

Afrika Selatan telah secara resmi mencatat lebih dari 3,8 juta kasus dan 100.471 kematian - korban tertinggi di seluruh Afrika - dan kurang dari 45% populasi orang dewasa telah divaksinasi lengkap. (AFP/Nur/OL-6)

BERITA TERKAIT