05 May 2022, 11:35 WIB

Polandia dan Swedia Selenggarakan Konferensi Donor untuk Ukraina


Mediaindonesia.com |

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson menyelenggarakan Konferensi Donor Internasional untuk Ukraina di Warsawa pada Kamis (5/5), waktu setempat.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Perdana Menteri Polandia – Mateusz Morawiecki – dan Perdana Menteri Swedia – Magdalena Andersson, bekerja sama dengan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen.

Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk menggalang bantuan kemanusiaan bagi Ukraina,  demikian menurut Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Kamis (5/5).

Pertemuan dilangsungkan dan dihadiri oleh Kepala Negara dan Pemerintahan, dengan partisipasi dari sejumlah perwakilan kelompok bisnis global dan institusi finansial.

Konferensi ini menginisiasi sejumlah kegiatan penggalangan dana bagi Ukraina dalam beberapa bulan ke depan, menurut pernyataan Kedubes Polandia.

Konferensi bertujuan untuk menghimpun dana untuk kebutuhan bantuan kemanusiaan di Ukraina yang semakin meningkat.

Polandia dan Swedia berharap negara-negara mitra lainnya untuk secara bersama merespons situasi kemanusiaan yang semakin memprihatinkan di Ukraina.

Saat ini, solidaritas nyata dibutuhkan untuk mendukung masyarakat Ukraina.

Menurut PBB, 13 juta warga yang berada di Ukraina membutuhkan bantuan vital kemanusiaan; di antaranya tenda; makanan dan pasokan obat.

Maka dari itu, diperlukan upaya mobilisasi yang esensial dari dunia internasional terhadap Ukraina, yang mana saat ini baru menutup kurang lebih 15 persen dari total kebutuhan yang diperlukan. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT