28 April 2022, 15:42 WIB

Putin Ancam Negara yang Coba Intervensi Perang Rusia-Ukraina


Nur Aivanni |

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa setiap negara yang mencoba campur tangan dalam perang dengan Ukraina, bakal menghadapi risiko yang cepat.

Adapun pernyataan Putin mengemuka dalam pertemuan dengan anggota parlemen Rusia di Kota Saint Petersburg, Rusia, pada Rabu waktu setempat.

"Jika seseorang dari luar mencoba untuk campur tangan di Ukraina dan menciptakan ancaman strategis bagi Rusia, kami akan memberikan tanggapan secepat kilat," pungkasnya.

Baca juga: Ini Alasan Rusia Mati-matian Kepung Mariupol

"Kami memiliki semua alat pertahanan (untuk merespons), yang tidak dapat dimiliki siapa pun. Kami tidak akan menyombongkannya, kami akan menggunakannya jika perlu," sambung Putin.

Pemimpin Rusia itu menambahkan bahwa semua keputusan, termasuk dalam memberi respons, sudah ditetapkan. Akan tetapi, dirinya enggan menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga: Sejumlah Negara Janji Akan Adili Pelaku Kejahatan Perang di Ukraina

Sekutu Ukraina diketahui telah meningkatkan pasokan senjata. Amerika Serikat (AS) pun berjanji untuk memastikan Ukraina dapat mengalahkan Rusia.

Pekan lalu, Rusia melancarkan serangan besar-besaran untuk merebut wilayah Donbas, setelah menarik diri dari wilayah sekitar Ibu Kota Kiev. Menurut seorang pejabat, pasukan Rusia kesulitan untuk mengatasi perlawanan Ukraina yang gigih dan menderita kerugian.

Diketahui, Rusia mulai menginvasi Ukraina pada 24 Februari. Kemudian, dalam beberapa hari, Putin memerintahkan militernya untuk menempatkan pasukan penangkal nuklir Rusia berskala siaga tinggi.(BBC/OL-11)
 

BERITA TERKAIT