25 April 2022, 09:18 WIB

Presiden Ukraina Bertemu dengan Menlu dan Menhan AS di Kyiv


Nur Aivanni |

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di Kyiv.

Itu adalah pertemuan pertama antara Zelensky dan pejabat AS sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada 24 Februari.

"Hari ini rakyat Ukraina bersatu dan kuat, dan persahabatan serta kemitraan Ukraina-AS lebih kuat dari sebelumnya!" kata Zelensky di Twitter pada Minggu.

Pembantu Presiden Ukraina, Oleksiy Arestovych, yang berbicara selama wawancara di YouTube pada Minggu (24/4) pagi, membenarkan bahwa pertemuan itu sedang berlangsung. "Berbicara dengan presiden. Mungkin mereka bisa membantu," tambahnya.

Arestovych mengulangi seruan Ukraina untuk senjata ofensif. "Karena selama tidak ada serangan, akan ada Bucha baru setiap hari," tambahnya, yang mengacu pada kota di mana pejabat PBB mengatakan mereka telah mendokumentasikan pembunuhan di luar hukum terhadap sekitar 50 warga sipil.

Baca juga: Ukraina Kecam Sekjen PBB yang Akan Kunjungi Moskow sebelum Kyiv

"Mereka tidak akan datang ke sini jika mereka tidak siap untuk memberikan (senjata)," katanya tentang kunjungan pejabat AS tersebut.

Pada Sabtu (23/4), Zelensky mengatakan bahwa dia berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan Washington ke Ukraina sejauh ini, bahkan jika dia menginginkan senjata yang lebih berat dan lebih kuat untuk digunakan melawan pasukan Rusia.

Selama wawancara di YouTube-nya, Arestovych mengatakan di pelabuhan Laut Hitam Mariupol, di mana pasukan Ukraina yang tersisa dikepung, pertahanannya berada di ambang kehancuran. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT