18 April 2022, 09:53 WIB

Shanghai Catat Kematian Covid-19 Pertama Sejak Lockdown


Nur Aivanni |

SHANGHAI melaporkan kematian akibat covid-19 yang pertama sejak dimulainya lockdown yang berlangsung selama berminggu-minggu.

"Tiga orang memburuk menjadi kasus yang parah setelah pergi ke rumah sakit dan meninggal setelah semua upaya untuk menghidupkan kembali mereka terbukti tidak efektif," kata pemerintah kota itu di media sosial, Senin (18/4).

Mereka yang meninggal termasuk dua perempuan berusia 89 dan 91 tahun serta seorang pria berusia 91 tahun. Pemerintah kota mengatakan mereka semua memiliki berbagai keluhan kesehatan seperti penyakit jantung koroner, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Shanghai, kota terbesar di Tiongkok, mencatat 22.248 kasus domestik baru pada Senin, 2.417 di antaranya bergejala.

Baca juga: Warga Pelanggar Lockdown Covid-19 Dikenai Hukuman di Shanghai

Tiongkok, tempat virus korona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019, sebagian besar telah memperlambat munculnya kasus baru berkat kebijakan pengujian massal, pembatasan perjalanan dan penguncian yang ditargetkan.

Tetapi negara terpadat di dunia itu baru-baru ini berjuang untuk menahan wabah di beberapa wilayah, sebagian besar didorong oleh varian omikron yang menyebar cepat.

Negara itu terakhir melaporkan kematian akibat covid-19 yang baru pada 19 Maret, dua orang di Provinsi Jilin - kematian pertama dalam lebih dari setahun. (AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT