17 April 2022, 11:32 WIB

Pemimpin Korut Kim Jong Un Kembali Pamerkan Rudal Baru


Cahya Mulyana |

PEMIPIMPIN Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyaksikan langsung uji coba rudal taktis berpemandu yang mampu membawa nuklir. Kabar ini muncul di sela perwakilan Korea Selatan dan Amerika Serikat membahas nuklir Korut.

Seoul dan Washington menuduh Pyongyang melanggar moratorium pengujian rudal balistik antarbenua (ICBM).

Kantor Berita Korut mengatakan uji senjata terbaru "sangat penting dalam meningkatkan secara drastis daya tembak unit artileri jarak jauh garis depan dan meningkatkan efisiensi dalam pengoperasian nuklir taktis".

Tidak disebutkan kapan tes itu dilakukan dan tidak memberikan rincian rudal yang digunakan. Foto-foto menunjukkan Kim memandu tes tersebut, memberikan instruksi langsung kepada petinggi militer di sekitarnya.

Baca juga: Korut Rayakan Ultah Kim II Sung tanpa Parade Militer

Militer Korea Selatan mengkonfirmasi peluncuran senjata tersebut dengan mengungkapkan pada Sabtu (16/4) malam, telah mendeteksi dua proyektil yang diluncurkan dari pantai timur Korut menuju laut.

Kedua proyektil itu terbang sekitar 110 kilometer (68 mil) dengan puncak ketinggian 25 km dan berkecepatan maksimum di bawah 4 Mach.

Sementara seorang rekan senior di Carnegie Endowment for International Peace yang berbasis di AS mengatakan uji coba itu untuk rudal taktis tipe baru, Ankit Panda.

"Senjata itu kemungkinan adalah rudal balistik jarak pendek dan sistem pengiriman senjata nuklir taktis pertama Korea Utara," tutupnya.

Uji coba ini muncul di tengah peningkatan aktivitas rekonstitutif di kompleks uji coba nuklir Punggye-ri, Korut. (Aljazeera/Cah/OL-09)

BERITA TERKAIT