07 April 2022, 19:40 WIB

Menlu RI dan Menlu Panama Bahas Kerja Sama Kesehatan


Nur Aivanni |

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Panama Erika Mouynes di Jakarta pada Kamis (7/4) ini. 

Dalam pertemuan tersebut, Retno menyampaikan bahwa ada tiga bidang kerja sama yang dibahas bersama Menlu Panama. Pertama, mengenai kerja sama kesehatan. 

"Kami berbagi pandangan bahwa 2022 harus menjadi tahun pemulihan dari pandemi. Di mana vaksin memainkan peran yang sangat penting," ujar Retno saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Kamis (7/4).

Baca juga: Presiden Lepas Ekspor Pinang Biji dari Jambi Senilai Rp4 Miliar

Adapun yang kedua, Indonesia dan Panama sepakat tentang pentingnya akses yang sama terhadap vaksin covid-19, agar pandemi segera berakhir.

"Saya menyampaikan kepada Menteri Mouynes, bahwa Presiden Jokowi akan menjadi salah satu co-chairs COVAX AMC Summit pada 8 April 2022, yang mencerminkan komitmen kuat Indonesia untuk mendukung COVAX," jelas Retno.

Lalu ketiga, mengenai pemulihan ekonomi pascapandemi covid-19. Nilai perdagangan Indonesia-Panama pada 2021 meningkat sebesar 59,05%, atau lebih dari US$170 juta. Itu dibandingkan capaian pada 2020 sebesar US$109 juta.

Retno menyebut kedua negara sepakat untuk mengeksplorasi lebih lanjut langkah untuk meningkatkan hubungan ekonomi melalui Indonesia-Latin America and the Caribbean (INA-LAC) Business Forum. Pertemuan itu mengundang sektor bisnis Panama untuk menggunakan INA-Access.

Baca juga: Menlu: 133 WNI Sudah Keluar dari Ukraina

Serta, meningkatkan akses pasar produk Indonesia, seperti perikanan, farmasi dan garmen. "Kami juga sepakat perlunya menjajaki investasi yang lebih besar antara kedua negara. Karena nilai investasi masih jauh dari tingkat sebelum pandemi," sambungnya.

Poin lainnya ialah pemberdayaan perempuan. "Menteri Mouynes dan saya membahas peran penting perempuan dan anak perempuan dalam pandemi covid-19 dan pascapemulihan," kata Retno.

Perempuan dikatakannya harus menjadi bagian integral dari pemulihan pascapandemi. Diketahui, Panama merupakan mitra dagang terbesar Indonesia di Amerika Tengah, serta salah satu mitra penting Indonesia di kawasan Amerika Tengah dan Karibia.(OL-11)

BERITA TERKAIT