05 April 2022, 17:13 WIB

Jemaah Pendeta Zagabe Berpoligami Ingin Ikuti Nabi-Nabi


Mediaindonesia.com |

DI antara jemaah pendeta gereja Kongo Chirhuza Zagabe yang menganjurkan poligami ialah Kalungu Kalebe. Pengikutnya itu memiliki dua istri dan delapan anak. Alih-alih melanggar hukum, pria berusia 40 tahun itu percaya bahwa dia diberkati oleh Tuhan.

"Saya harus mengikuti Daud, Abraham, dan Salomo yang menikahi beberapa istri," katanya. Ia mengacu kepada nabi-nabi Alkitab.

Rekan umat paroki Nathanaelle, 15, mengatakan dia siap untuk menikah dengan seorang pria beristri. "Itu tidak mengganggu saya sama sekali," tambahnya.

Rakel, salah satu istri Zagabe, menganggap anak-anak dari istri yang lain sebagai anaknya juga. Ia pun memiliki tiga anak yang telah dilahirkannya.

Istri Zagabe lain, Yaelle, mengatakan dia hidup harmonis dengan pasangan suaminya yang lain. Namun dia memperhatikan bahwa tetangga yang biasa mengunjunginya ketika dia menjadi satu-satunya istri di rumah itu kini tidak datang lagi. "Mereka menjauhkan diri dari kami," kata Yaelle.

"Praktik poligami merupakan penyimpangan dalam masyarakat kita, itu tidak terpikirkan!" kata Nicolas Lubala, seorang Katolik berusia 42 tahun yang menuduh Gereja Primitif yang bermarkas di Kinshasa berkontribusi pada kerusakan moral.

Baca juga: Pendeta Kongo Chirhuza Zagabe Puji Manfaat Poligami

Mathilde, 23, dengan jelas mengatakan bahwa menikahi pria beristri merupakan mustahil. "Dalam poligami, terlalu banyak masalah, perselisihan antara istri, anak-anak," katanya. Namun, "Jika pria itu punya uang dan istri lain tergantung kepadanya itu tidak masalah." (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT