05 April 2022, 13:38 WIB

20 Warga Ukraina dari Polandia Tiba di Jepang


Nur Aivanni |

DUA puluh orang warga Ukraina tiba di Tokyo pada Selasa (5/4) dengan pesawat pemerintah bersama Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi setelah perjalanannya ke Polandia.

Jepang biasanya menerima hanya beberapa lusin pengungsi setahun dari ribuan pelamar. Ke-20 orang Ukraina itu terbang bersama Hayashi dari Polandia saat dia melakukan perjalanan beberapa hari untuk menawarkan dukungan bagi Kyiv yang memerangi invasi Rusia.

"Kami mengetahui ada beberapa orang yang dengan tulus ingin mengungsi ke Jepang, tetapi mengalami kesulitan dalam mengamankan sarana perjalanan mereka sendiri," kata juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno dalam konferensi pers pada Selasa.

"Dari sudut pandang kemanusiaan, 20 dari orang-orang ini diundang untuk terbang dengan pesawat pemerintah," ucapnya.

Baca juga: Presiden Ukraina akan Berpidato di DK PBB

Jepang sejauh ini telah menerima 404 warga Ukraina lainnya, kata Matsuno, setelah Perdana Menteri Fumio Kishida bulan lalu mengumumkan rencana untuk menerima mereka yang melarikan diri dari perang.

Jepang telah bergabung dengan sanksi keras Barat terhadap Moskow atas invasinya. Pada Selasa, negara itu mengumumkan dana bantuan kemanusiaan sebesar US$100 juta untuk Kyiv, menyusul sumbangan senilai US$100 juta lainnya ke Ukraina dan negara-negara tetangga yang diumumkan bulan lalu.

Pada tahun 2020, Jepang hanya menerima 47 pengungsi dan 44 orang dengan alasan kemanusiaan dari hampir 4.000 pelamar. Kelompok HAM pun telah lama menuduh Tokyo berbuat terlalu sedikit untuk membantu mereka yang melarikan diri dari konflik.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT