03 April 2022, 16:11 WIB

Syiah Mulai Ramadan pada Minggu, Mayoritas Suni di Sabtu


Mediaindonesia.com |

BULAN suci puasa Ramadan dimulai pada Minggu (3/4) untuk warga Syiah di Irak, Iran, dan Libanon. Begitu pun yang tinggal di Maroko, Pakistan, dan India.

"Hari pertama Ramadhan akan terjadi besok (hari ini)," bagi kaum Syiah di Irak, kata media pemerintah, Sabtu (2/4), mengutip kantor ulama Syiah terkemuka negara itu, Ayatollah Ali Sistani. Di negara tetangga, Iran, yang seperti Irak memiliki warga mayoritas Syiah, serta Syiah di Libanon, Ramadan juga akan dimulai Minggu.

Tanggal awal bulan puasa ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisik bulan baru. Secara tradisional, banyak negara mayoritas Muslim telah mengikuti tanggal yang ditetapkan oleh otoritas agama Saudi, tetapi dalam beberapa tahun terakhir banyak yang menggunakan perhitungan astronomi mereka sendiri.

Muslim Suni di Irak, Libanon, dan sebagian besar negara Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Kuwait, memulai bulan suci pada Sabtu (2/4). Yordania dan Maroko, yang mayoritas Suni, dan Oman, bagaimanapun, akan dimulai pada Minggu.

Selama Ramadan, umat Muslim menahan diri untuk makan dan minum dari fajar hingga senja. Secara tradisional, mereka berkumpul dengan keluarga dan teman untuk berbuka puasa di malam hari. Begitu juga salat yang umat Islam berkumpul dalam jumlah besar di masjid, terutama malam hari.

Di Asia, Afghanistan memulai Ramadan pada hari Sabtu. Pakistan dan India akan dimulai pada hari Minggu. Di Indonesia, negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, pengikut organisasi Muhammadiyah memulai bulan suci pada Sabtu dan mereka yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama, asosiasi Muslim terbesar di negara itu, akan memulai pada Minggu.

Menurut tradisi, Ramadan menandai saat Nabi Muhammad mulai menerima wahyu dari kitab suci umat Islam, Al-Qur'an.
Liburan Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci.

Baca juga: Pasukan Israel Bunuh Tiga Militan Palestina saat Kekerasan Menguat

Puasa selama Ramadan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Yang lain yaitu pengakuan iman (tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya), kewajiban salat lima kali sehari, zakat, dan haji ke Mekah setidaknya sekali dalam seumur hidup. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT