31 March 2022, 18:59 WIB

RI Siap Bantu Afghanistan di Sektor Pendidikan


Nur Aivanni | Internasional

INDONESIA siap berkontribusi untuk membantu rakyat Afghanistan di sektor pendidikan. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menghadiri pertemuan di Tunxi, Tiongkok.

"Sebagai negara Muslim terbesar, Indonesia siap berkontribusi membantu rakyat Afghanistan, termasuk dalam hal pendidikan," jelas Retno dalam press briefing virtual, Kamis (31/3).

Dalam pertemuan bertajuk 'Neighbouring Countries of Afghanistan + Afghanistan Foreign Ministers Dialogue', Retno menyampaikan bahwa Qatar dan Indonesia telah menandatangani Letter of Intent. 

Baca juga: Indonesia Ingatkan Taliban untuk Penuhi Janjinya

Kesepakatan itu terkait kesiapan kedua negara untuk menawarkan beasiswa dan capacity building, terutama untuk perempuan Afghanistan. Menurutnya, perempuan dan laki-laki, khususnya di Afghanistan, memiliki hak untuk mendapatkan akses pendidikan.

"Saya sampaikan harapan agar larangan sekolah bagi perempuan Afghanistan di tingkat sekolah menengah dapat ditinjau kembali," pungkas Retno.

Baca juga: PBB Desak Taliban Izinkan Anak Perempuan Bersekolah

Diketahui, pertemuan tersebut merupakan yang ketiga kalinya. Adapun pertemuan sebelumnya dilakukan di Pakistan dan Iran. Neighbouring countries yang hadir dalam pertemuan itu adalah Tiongkok, Rusia, Iran, Pakistan, Tajikistan, Uzbekistan dan Turkmenistan. 

Afghanistan juga diundang dalam pertemuan yang berlangsung di Tiongkok. Selain negara tetangga, dua negara lain yang diundang ialah Indonesia dan Qatar. Undangan tersebut tidak terlepas dari peran aktif Indonesia mengenai isu Afghanistan, yang sangat diapresiasi dunia.(OL-11)

BERITA TERKAIT