17 March 2022, 14:58 WIB

Uji Coba Rudal Diduga Gagal, Korea Utara Bungkam


Nur Aivanni |

PEMERINTAH Korea Utara bungkam, setelah uji coba rudal dicurigai berakhir dengan kegagalan total. Korea Selatan menduga rudal tersebut meledak di atas wilayah Pyongyang sesaat setelah diluncurkan.

Pada Rabu waktu setempat, militer Korea Selatan menyebut Korea Utara melakukan uji coba, yang kemungkinan besar merupakan rudal balistik. Uji coba tersebut berlokasi di Sunan, wilayah dengan populasi sekitar tiga juta orang.

Dari hasil pemantauan, rudal tersebut meledak beberapa saat setelah peluncuran. Lewat NK News, kalangan ahli menyebut puing-puing rudal jatuh di dekat wilayah Pyongyang, dengan adanya bola asap berwarna merah zig-zag melintasi langit.

Baca juga: Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Patroli Korea Utara

Media pemerintah Korea Utara, yakni Rodong Sinmun dan KCNA, biasanya memuat laporan uji coba senjata yang berhasil dalam waktu 24 jam setelah peluncuran. Laporan juga kerap disertai foto.

Akan tetapi, pada Kamis waktu setempat, media pemerintah Korea Utara tidak melaporkan uji coba yang diduga gagal tersebut. "Korea Utara terus-menerus mempromosikan narasi bahwa dapat melakukan proyek uji coba rudal dengan baik. Mereka tidak ingin menyoroti kegagalan," pungkas Cheong Seong-chang, peneliti senior di Institut Sejong.

Baca juga: Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik

Amerika Serikat dan Korea Selatan kompak menyatakan bahwa Korea Utara bersiap menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) pada jarak penuh untuk pertama kalinya sejak 2017. Upaya itu kemungkinan besar disamarkan sebagai peluncuran luar angkasa.

Korea Utara akan menandai peringatan 110 tahun kelahiran pendiri Kim Il Sung, yakni kakek Kim Jong-un, pada April mendatang. Biasanya, Korea Utara menandai peringatan tersebut dengan peluncuran atau parade militer.(AFP/OL-11)
 

BERITA TERKAIT