04 March 2022, 16:49 WIB

Venezuela Tetap Terima Penerbangan dari Rusia


Nur Aivanni |

DI tengah sanksi internasional yang mengarah ke Rusia, Venezuela menyatakan siap menerima penerbangan dari negara yang berkonflik dengan Ukraina.

Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Eropa diketahui telah memblokir pesawat yang datang Rusia ke wilayah udara mereka.

Baca juga: Zelenskyy Minta Putin untuk Lakukan Pembicaraan Langsung

Invasi Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina pada pekan lalu, memicu serangkaian sanksi dari AS dan sekutunya. Termasuk, penutupan wilayah udara untuk penerbangan berbendera Rusia.

"Venezuela siap untuk terus menerima turis Rusia," ujar Menteri Pariwisata Venezuela Ali Padron lewat akun Twitter.

Sebelumnya, pihaknya telah melakukan panggilan telepon dengan Kepala Badan Pariwisata Federal Rusia. Otoritas Rusia sepakat untuk menjamin kelangsungan penerbangan reguler melalui maskapai Venezuela Conviasa dan meningkatkan konektivitas.

Baca juga: Elon Musk Minta Starlink Berhati-Hati agar tidak Diserang Rusia

Kunjungan wisatawan Rusia ke Venezuela melonjak pada Mei 2021. Tepatnya, ketika kedua negara membuka rute langsung antara Moskow dan Caracas.

Moskow telah menjadi sekutu penting Venezuela sejak pemerintahan mendiang Presiden Hugo Chavez. Penerus Chavez, yakni Nicolas Maduro, menyatakan dukungan untuk Putin dalam seminggu terakhir.(AFP/OL-11)

 

BERITA TERKAIT