04 March 2022, 12:00 WIB

Telepon Putin, Putra Mahkota Saudi Tawarkan Mediasi Rusia-Ukraina


 Nur Aivanni |

PUTRA Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menawarkan untuk menjadi tuan rumah pembicaraan mediasi antara Rusia dan Ukraina dalam pembicaraan via telepon pada Kamis (3/3) dengan Presiden Rusia Vladimir Putin ketika konflik memasuki minggu kedua.

Pemimpin de facto negara Teluk itu menyerukan "solusi politik" setelah invasi Rusia dan juga menegaskan kembali dukungannya untuk kelompok produsen minyak OPEC+, yang mencakup Rusia, untuk menstabilkan pasar minyak.

"Putra Mahkota menjelaskan dukungan kerajaan untuk upaya yang mengarah pada solusi politik yang mengarah pada akhir (perang) dan mencapai keamanan dan stabilitas, dan bahwa kerajaan siap melakukan upaya untuk menengahi antara semua pihak," kata Saudi Press Agency (SPA).

Baca juga: Bank yang Didukung Tiongkok Hentikan Pinjaman ke Rusia dan Belarus

Negara-negara Arab di Teluk termasuk Arab Saudi, pengekspor minyak terbesar di dunia, sebagian besar menahan diri untuk tidak mengkritik invasi yang dilakukan Rusia, yang telah menjalin hubungan dengan mereka.

Namun, pada Rabu (2/3), negara-negara Teluk memberikan suara pada resolusi Majelis Umum PBB yang menuntut Rusia segera menarik diri dari Ukraina.

Arab Saudi dan Rusia sama-sama anggota OPEC+, yang memilih untuk menjaga produksi tetap stabil minggu ini meskipun biaya minyak melonjak.

"Pangeran menegaskan kembali keinginan kerajaan untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas pasar minyak, menyoroti peran perjanjian OPEC+ dalam hal ini dan pentingnya mempertahankannya," kata SPA. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT