15 February 2022, 11:24 WIB

Roket Milik Tiongkok Diperkirakan akan Tabrak Bulan, Bukan Roket SpaceX


Atikah Ishmah Winahyu |

PAKAR astronomi mengatakan, roket yang diperkirakan akan menabrak bulan pada awal Maret 2022 mendatang dibuat oleh Tiongkok, bukan SpaceX.

Sebuah roket memang akan menghantam permukaan bulan pada 4 Maret 2022, tetapi bertentangan dengan apa yang telah diumumkan, roket itu dibangun bukan oleh perusahaan Elon Musk, melainkan oleh Beijing, menurut para ahli.

Roket tersebut sekarang dikatakan sebagai 2014-065B, pendorong untuk Chang'e 5-T1, diluncurkan pada tahun 2014 sebagai bagian dari program eksplorasi bulan badan antariksa Tiongkok.

Pengumuman tersebut dibuat oleh astronom Bill Gray, yang pertama kali mengidentifikasi dampak masa depan, dan mengakui kesalahannya akhir pekan lalu.

Baca juga: Sampah Roket SpaceX Diprediksi Bakal Menbrak Bulan dan Meledak

"Ini (kesalahan) hanya menekankan masalah dengan kurangnya pelacakan yang tepat dari objek luar angkasa ini," cuit astronom Jonathan McDowell, yang mengadvokasi regulasi yang lebih besar tentang limbah ruang angkasa.

"Objek itu memiliki kecerahan yang kami perkirakan, dan telah muncul pada waktu yang diharapkan dan bergerak dalam orbit yang wajar," tulisnya.

“Tetapi di belakang, saya seharusnya memperhatikan beberapa hal aneh tentang orbitnya,” tambahnya.

NASA mengatakan pada akhir Januari bahwa mereka akan mencoba mengamati kawah yang akan terbentuk oleh ledakan objek ini, berkat wahana yang mengorbit di sekitar bulan, Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO).

Badan tersebut menyebut acara tersebut sebagai kesempatan penelitian yang menarik. (Aiw/France24/OL-09)

BERITA TERKAIT