06 February 2022, 15:10 WIB

Kasus Covid-19 di Korea Selatan Tembus Satu Juta


Nur Aivanni |

KASUS covid-19 di Korea Selatan pada Minggu waktu setempat menembus angka satu juta sejak pandemi dimulai. Otoritas kesehatan melaporkan rekor harian kasus sebanyak 38.691 infeksi baru, yang didorong penyebaran varian omikron.

Negeri Ginseng mencatat kasus positif covid-19 pertama pada 20 Januari 2020. Negara itu pun menjadi yang pertama di luar Tiongkok, yang langsung memerangi wabah besar.

 Baca juga: Jumlah Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui 900.000 Kasus

Strategi agresif dalam pelacakan, penelusuran, penggunaan masker, hingga karantina, membantu Korea Selatan dalam melawan gelombang awal covid-19. Alhasil, kasus covid-19 dan kasus kematian tetap rendah, tanpa kebijakan penguncian yang meluas.

Namun, penyebaran varian omikron mendorong jumlah kasus ke level tertinggi yang baru. Angka kematian tetap rendah di negara dengan tingkat vaksinasi tinggi tersebut. Diketahui, ada 15 kasus kematian terbaru yang dilaporkan pada Sabtu waktu setempat.

Di lain sisi, kasus harian hampir lima kali lebih tinggi daripada dua minggu lalu. Tepatnya ketika omikron mulai mendominasi. Namun, otoritas menilai infeksi serius tetap pada tingkat yang dapat dikelola hingga saat ini.

Baca juga: Spanyol Hapus Kewajiban Pakai Masker di Luar Ruangan

Pejabat pemerintahan juga mengumumkan adanya rencana untuk memperpanjang kebijakan jaga jarak sosial dalam dua pekan. Termasuk, aturan jam malam untuk bisnis dan pembatasan jumlah orang untuk pertemuan pribadi.

Sampai saat ini, Korea Selatan mencatat 1 juta kasus covid-19 dan 6.873 kasus kematian. Hampir 86% dari total 52 juta penduduk negara itu telah divaksinasi lengkap. Kemudian, lebih dari 54,5% sudah menerima vaksin booster.(StraitsTimes/OL-11)


 

BERITA TERKAIT