04 February 2022, 16:10 WIB

Pro-Israel, Mantan Hakim Tinggi Afrika Selatan Minta Maaf


Mediaindonesia.com |

MANTAN Ketua Mahkamah Agung Afrika Selatan pada Kamis (3/2) meminta maaf atas komentar yang dia buat pada 2020 yang menjanjikan dukungan untuk Israel di negara pro-Palestina itu. Permintaan maaf itu muncul hampir setahun setelah Mogoeng Mogoeng, seorang penganut Kristen yang taat, diperintahkan untuk meminta maaf atas kesalahannya dengan terlibat dalam kontroversi politik. 

Ia mengkritik dan mengusulkan perubahan pada kebijakan resmi Pemerintah Afrika Selatan terhadap Israel. Pada Juni 2020, dia mengatakan kepada konferensi online yang diselenggarakan oleh Jerusalem Post bahwa Afrika Selatan kehilangan kesempatan luar biasa untuk menjadi pengubah permainan dalam situasi Israel-Palestina.

Pemerintah Afrika Selatan mendukung perjuangan Palestina. Pada 2019 negara itu menurunkan kedutaannya di Tel Aviv menjadi kantor penghubung.

Baca juga: Guru Yahudi yang Mengkritik Israel dan Bela Palestina Dipecat

Komite Perilaku Kehakiman negara itu yang menyelidiki komentar hakim setelah pengaduan, tahun lalu menemukan pernyataan itu menyinggung dan sangat menjengkelkan. Karenanya, komite memerintahkannya untuk meminta maaf, tetapi dia mengajukan banding atas keputusan itu.

Namun keputusan sebelumnya ditegakkan dalam banding. Pada Kamis dia mengatakan dalam suatu pernyataan, "Saya sekarang dipaksa oleh hukum untuk meminta maaf tanpa syarat." Panel banding menemukan dia telah melibatkan dirinya dalam kegiatan di luar hukum.

Dia pensiun tahun lalu. Wawancara untuk hakim agung baru sedang berlangsung minggu ini. Hakim kontroversial itu juga mendapat kecaman keras ketika dia secara terbuka berdoa pada Desember 2020 melawan vaksin covid-19 sebagai setan dan meminta kepada Tuhan agar vaksin itu dihancurkan dengan api. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT