27 January 2022, 08:54 WIB

Korut Gelar Uji Coba Rudal untuk Keenam Kalinya di 2022


Basuki Eka Purnama | Internasional

KOREA Utara (Korut), Kamis (27/1) pagi, menembakkan proyetil tidak dikenal, ungkap Seoul. Ini merupakan kali keenam 'Negeri Juche' itu menggelar uji coba rudal setelah merekan mengabaikan undangan Washington untuk berdialog.

Terakhir kali Korut menggelar uji coba rudal sebanyak ini dalam sebulan adalah pada 2019 selepas pertemuan tingkat tinggi antara pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump gagal.

Sejak saat, tidak ada lagi pembicaraan antara Korut dan AS.

Baca juga: Korsel Sebut Korut Tampaknya Telah Tembakkan Rudal Jelajah

"Korut telah menembakkan proyektil tidak di kenal ke Laut Timur," ujar Kepala Staf Gabungan Korsel, menggunakan nam lain Laut Jepang.

Pyongyang menembakkan dua proyektil, yang diduga rudal balistik, Selasa (25/1), senjata yang tidak dilarang dalam sanksi yang dijatuhkan PBB kepada Korut.

Korut juga menguji rudal balistik pada 14 dan 17 Januari dan menguji apa yang merka sebut sebagai rudal hypersonic pada 5 dan 11 Januari.

Meski begitu, Pyongyang tidak menguji coba rudal interkontinental atau rudal nuklir sejak 2017, menjalankan moratorium yang mereka berlakukan sendiri meski perundingan dengan AS terhenti. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT