25 January 2022, 15:43 WIB

Kementerian Luar Negeri Kanada Jadi Sasaran Serangan Siber


Nur Aivanni | Internasional

KEMENTERIAN Luar Negeri (Kemenlu) Kanada terkena serangan siber minggu lalu yang masih mencegah diplomat mengakses layanan daring tertentu. Hal itu dikonfirmasi oleh badan keamanan siber federal pada Senin (24/10.

Sehari setelah serangan yang terjadi pada 19 Januari 2022 itu badan keamanan siber federal Kanada memperingatkan bahwa infrastruktur penting membutuhkan pertahanan yang lebih kuat terhadap ancaman siber yang disponsori negara Rusia.

Namun, pemerintah Kanada mengatakan pada Senin bahwa mereka tidak mengetahui asal mula serangan pada pekan lalu.

"Tidak ada indikasi bahwa departemen pemerintah lainnya terkena dampak," kata Dewan Keuangan Kanada, yang mengelola operasi pemerintah, dalam sebuah pernyataan.

Dengan memperhatikan bahwa pemerintah Kanada menghadapi ancaman dunia maya setiap hari, departemen tersebut mengatakan itu dapat diakibatkan oleh kerentanan sistem atau aplikasi, atau dari serangan yang disengaja, terus-menerus, dan ditargetkan oleh aktor luar untuk mendapatkan akses ke informasi.

Pengungkapan serangan itu datang dengan meningkatnya ketegangan internasional di sekitar Ukraina, yang diyakini oleh negara-negara Barat berada di bawah ancaman invasi Rusia.

Dalam beberapa hari terakhir, Kiev mengklaim memiliki bukti keterlibatan Moskow dalam serangan siber besar yang menargetkan beberapa situs pemerintah Ukraina. Kremlin pun telah membantah adanya keterlibatan Rusia. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT