21 January 2022, 19:00 WIB

Rusia Catat Rekor Kasus Harian Covid-19 di Tengah Lonjakan Omikron


Nur Aivanni | Internasional

Rusia, pada Jumat (21/1), melaporkan rekor jumlah infeksi baru virus korona selama 24 jam sebelumnya, menurut penghitungan pemerintah, dengan para pejabat memperingatkan lonjakan kasus yang didorong oleh varian omikron.

Sebuah situs web pemerintah melaporkan 49.513 infeksi baru di Rusia, yang sudah menjadi salah satu negara yang paling terpukul di dunia berdasarkan beban kasus. Angka tersebut melampaui rekor sebelumnya yang ditetapkan pada November sebanyak 41.335.

Jumlah kasus di seluruh Rusia telah meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir, dengan pihak berwenang memprediksi lonjakan yang akan segera terjadi karena varian omikron yang menyebar cepat.

Rekor baru itu terjadi satu hari setelah Moskow - pusat wabah di Rusia - mengatakan telah melihat jumlah kasus baru tertinggi.

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa negara itu memiliki waktu dua minggu untuk mempersiapkan lonjakan kasus, dengan menyerukan lebih banyak pengujian dan vaksinasi.

Pengembang vaksin andalan Rusia, Sputnik V, mengatakan minggu ini bahwa suntikannya menunjukkan "perlindungan yang kuat" terhadap omikron, dengan menunjuk pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Spallanzani Institute di Italia.

Dengan empat vaksin yang tersedia secara luas selama berbulan-bulan, warga Rusia tetap enggan untuk disuntik dengan hanya di bawah setengah dari populasi yang divaksinasi lengkap.

Angka pemerintah Rusia telah melaporkan 324.752 kematian akibat covid-19 sejak awal pandemi - jumlah kematian tertinggi di Eropa.

Angka-angka itu bertentangan dengan badan statistik Rosstat, yang menghitung kematian akibat covid-19 di bawah definisi yang lebih luas dan mengatakan jumlah kematian secara keseluruhan mendekati dua kali lipat angka resmi. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT