21 January 2022, 14:19 WIB

Presiden AS-PM Jepang Siap Bahas Keamanan di Asia-Pasifik Hingga Ukraina


Nur Aivanni |

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida akan membahas mengenai pencegahan di kawasan Asia-Pasifik dan aliansi Barat "bersatu" melawan ancaman Rusia ke Ukraina dalam pertemuan pada Jumat.

Biden dan Kishida akan membahas hubungan ekonomi tetapi juga keamanan dan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki, yang merujuk pada upaya pimpinan AS untuk mempertahankan status quo di kawasan Asia-Pasifik, meskipun kekuatan militer dan komersial Tiongkok berkembang pesat.

Menurut seorang pejabat senior AS, yang berbicara dengan syarat anonim, Biden menganggap hubungan AS-Jepang sebagai landasan perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik dan di seluruh dunia.

Selain membahas perubahan iklim, covid-19, dan keamanan siber, Biden dan Kishida akan fokus untuk mempertahankan tatanan berbasis aturan yang kuat.

Tantangan keamanan lain yang menjadi agenda utama kedua pemimpin itu adalah Korea Utara, yang telah melakukan jadwal peluncuran uji coba rudal yang sibuk tahun ini.

Menggarisbawahi meningkatnya ketegangan di sekitar pembangunan kekuatan militer besar Rusia di perbatasan Ukraina, pejabat AS itu mengatakan Biden dan Kishida akan membahas tanggapan yang kuat dan bersatu yang akan dihasilkan dari agresi Rusia lebih lanjut terhadap Ukraina.

Washington sedang mencari dukungan dari Eropa dan sekutu lainnya untuk sanksi ekonomi yang berat terhadap Moskow jika pasukannya menyerang Ukraina. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT