21 January 2022, 09:29 WIB

Prancis akan Longgarkan Pembatasan Covid-19 Mulai Februari


Nur Aivanni | Internasional

PRANCIS akan memulai pencabutan pembatasan covid-19 secara bertahap mulai 2 Februari 2022 di tengah tanda-tanda yang menggembirakan bahwa gelombang infeksi karena varian omikron sedang surut.

Hal itu disampaikan Perdana Menteri Prancis Jean Castex pada Kamis (20/1).

Meskipun pihak berwenang mencatat rekor 464.769 kasus harian baru pada Selasa (18/1), Castex mengatakan penerapan kartu vaksin mulai Senin (24/1) untuk memasuki restoran, bioskop, dan tempat umum lainnya akan memungkinkan pelonggaran aturan yang lebih ketat yang diberlakukan sejak Desember.

Pada langkah pertama, batas kapasitas penonton untuk ruang konser, pertandingan olahraga, dan acara lainnya -- 2.000 orang di dalam ruangan, dan 5.000 di luar ruangan -- akan berakhir mulai 2 Februari 2022. 

Dalam konferensi pers bersama Menteri Kesehatan Olivier Veran, Castex mengatakan bahwa bekerja dari rumah juga tidak lagi wajib bagi karyawan yang memenuhi syarat dan masker wajah tidak akan diperlukan di luar ruangan.

"Kami sedikit lebih percaya diri dengan mengatakan bahwa kami dapat mengendurkan beberapa pembatasan ini dan membiarkan orang kembali hidup senormal mungkin," kata Veran.

Sebelumnya, kartu kesehatan juga dapat diperoleh dengan tes negatif covid-19 baru-baru ini, kemungkinan pemerintah mengakhiri upayanya untuk meyakinkan lebih banyak orang untuk mendapatkan suntikan covid.

Castex mengatakan 93% orang dewasa Prancis sekarang memiliki setidaknya satu dosis.

"Sejak pengumuman kartu vaksin, satu juta orang Prancis telah divaksinasi. Itu bagus, tapi itu tidak cukup," katanya, seraya menambahkan bahwa vaksin booster akan diperluas ke anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun mulai Senin.

Pada tahap kedua, klub malam yang telah ditutup sejak Desember 2021 akan diizinkan untuk dibuka kembali pada 16 Februari 2022, dan area berdiri akan kembali diizinkan untuk konser dan acara olahraga serta bar.

Makan dan minum akan kembali diizinkan di stadion, bioskop, dan transportasi umum pada tanggal tersebut.

Castex juga berharap dapat melonggarkan aturan masker wajah untuk anak-anak di sekolah setelah liburan musim dingin pada akhir Februari 2022.

Sekitar 17.000 kelas saat ini ditutup di seluruh Prancis setelah siswa atau staf tertular virus, dan orang tua harus mendapatkan serangkaian tes untuk anak-anak yang terpapar sebelum mereka diizinkan kembali.

Varian omikron yang sangat menular telah memicu lonjakan infeksi, tetapi jumlah pasien covid dalam perawatan intensif telah turun sejak awal Januari, menjadi sekitar 3.850 orang saat ini.

"Kami telah melihat bahwa tingkat kejadian masih meningkat, tetapi kami juga tahu bahwa varian omikron menghasilkan lebih sedikit kasus serius daripada varian delta," kata juru bicara pemerintah Gabriel Attal pada Kamis pagi. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT