20 January 2022, 19:01 WIB

Universitas Michigan Bayar Rp7 Triliun kepada Ratusan Korban Pelecehan Seksual


Mediaindonesia.com | Internasional

UNIVERSITAS Michigan menyetujui pembayaran senilai US$490 juta atau sekitar Rp7 triliun dalam penyelesaian kasus ratusan siswa dan atlet yang dilecehkan secara seksual oleh seorang dokter yang bekerja lama di perguruan tinggi itu. Universitas dan pengacara mengumumkan itu pada Rabu (19/1).

"Kami berharap penyelesaian ini akan memulai proses penyembuhan bagi para penyintas," kata Jordan Acker, Ketua Dewan Universitas Michigan, dalam pernyataannya.

Richard Anderson, yang bekerja di universitas di Ann Arbor sebagai dokter dari 1966 hingga 2003, dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap ratusan mahasiswa dan atlet pria. Anderson meninggal pada 2008.

Universitas mengatakan US$460 juta akan dibagikan kepada sekitar 1.050 korban Anderson yang telah melapor dan US$30 juta akan disisihkan untuk penuntut masa depan.

Laporan setebal 240 halaman oleh firma hukum WilmerHale yang dirilis tahun lalu menemukan bahwa Anderson terlibat dalam pelanggaran seksual dengan pasien dalam banyak kesempatan.

"Para penyintas ini menolak untuk diam dan menuntut pertanggungjawaban dari University of Michigan," kata Parker Stinar, mitra di Wahlberg, Woodruff, Nimmo, & Sloane, yang mewakili lebih dari 200 penggugat.

"Saya pikir penyelesaian ini memberikan akuntabilitas itu," kata Stinar. "Sekarang mereka bisa melanjutkan hidup." Stinar mengatakan penyelesaian itu merupakan salah satu penyelesaian pelecehan seksual terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Michigan State University, universitas lain di negara bagian AS bagian utara, diguncang oleh tuduhan bahwa seorang dokter sekolah yang juga merawat anggota tim senam Olimpiade wanita AS secara rutin melakukan pelecehan seksual terhadap pasien.

Larry Nassar dijatuhi hukuman antara 40 dan 125 tahun penjara pada 2018 karena melakukan pelecehan seksual terhadap puluhan wanita dan anak perempuan. Universitas itu mencapai penyelesaian senilai US$500 juta dengan lebih dari 300 korban.

Skandal pelecehan seksual di Universitas Michigan juga mengancam mencoreng reputasi pelatih sepak bola legendaris sekolah itu, Bo Schembechler, yang meninggal pada 2006. Salah satu putra Schembechler, Matt Schembechler, mengatakan bahwa dia dilecehkan oleh Anderson ketika dia berusia 10 tahun. 

Dia mengatakan dia memberi tahu ayahnya tentang hal itu tetapi tidak ada yang dilakukan. Anggota keluarga lainnya bergegas membela Bo Schembechler. "Bo memiliki pemahaman yang jelas dan meyakinkan tentang benar dan salah. Dia tidak akan menoleransi pelanggaran," kata mereka dalam suatu pernyataan.

Baca juga: Jerman Identifikasi 439 Tersangka Paedofil dalam Pornografi Anak

University of Southern California mengumumkan pada Maret tahun lalu bahwa mereka telah memasuki tiga pembayaran dengan total US$1,1 miliar dengan ratusan siswa perempuan dilecehkan secara seksual oleh seorang ginekolog sekolah. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT