19 January 2022, 10:29 WIB

Vietnam Temukan Kasus Lokal Pertama Omikron


Mediaindonesia.com | Internasional

Vietnam telah menemukan kasus lokal pertama virus korona varian Omikron, demikian menurut media milik negara pada Rabu (19/1).

Temuan itu dilaporkan ketika otoritas kesehatan mendesak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dari varian tersebut.

Tiga kasus positif Covid-19 terdeteksi pekan lalu di Ho Chi Minh City dan dipastikan sebagai Omicron pada Selasa malam, kata harian Tien Phong yang mengutip otoritas kesehatan.

Vietnam sebelumnya telah mendeteksi lebih dari 70 kasus varian yang sangat menular itu di antara pendatang dari luar negeri yang dikarantina. "Masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap Omikron, jangan berkumpul di tempat-tempat ramai dan jalani vaksinasi penuh," kata Kementerian Kesehatan dalam pernyataan pekan lalu.

Secara keseluruhan, Vietnam telah mencatat lebih dari dua juta kasus Covid-19 dan hampir 36.000 kematian.

Lebih dari 74 persen penduduk negara itu yang berjumlah 98 juta jiwa telah menerima sedikitnya satu dosis vaksin, menurut Kemenkes.

Vietnam juga telah meluncurkan program vaksinasi dosis penguat (booster) dan pemerintah berjanji semua penduduk dewasa akan mendapatkan dosis vaksin tambahan itu hingga akhir Maret. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT