19 January 2022, 07:25 WIB

Brasil Catat Rekor Baru Kasus Harian Covid-19


Nur Aivanni | Internasional

BRASIL mencatat rekor baru kasus harian covid-19 lebih dari 137.000, menurut angka yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan pada Selasa (18/1).

Negara Amerika Selatan berpenduduk 213 juta orang itu adalah salah satu yang paling parah terkena dampak pandemi di dunia. Lebih dari 620.000 kematian akibat virus tersebut menempati urutan kedua setelah Amerika Serikat.

Kasus covid-19 telah melonjak di Brasil sejak awal tahun karena adanya varian omikron yang sangat menular dan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Rata-rata kasus harian pada akhir tahun 2021 hanya sekitar 8.000. Sementara, angka tinggi sebelumnya dari Juni 2021 adalah lebih dari 115.000 kasus dalam periode 24 jam.

"Puncaknya akan tercapai pada Februari ketika situasi akan kembali stabil," kata ahli epidemiologi Ethel Maciel dari Universitas Federal Espirito Santo kepada AFP.

Ada kekhawatiran bahwa peningkatan kasus dapat berdampak pada perayaan karnaval pada akhir Februari.

Perayaan karnaval jalanan di kota-kota besar Sao Paulo, Rio de Janeiro dan Salvador telah dibatalkan karena kekhawatiran tersebut.

Hampir 70% orang Brasil sudah divaksinasi lengkap dan imunisasi anak-anak berusia lima tahun dimulai minggu ini, meskipun ada keberatan dari Presiden Jair Bolsonaro. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Terkait Omikron, Dua Mantan Awak Kabin Cathay Pacific Ditahan

BERITA TERKAIT