18 January 2022, 13:51 WIB

Osaka Bakal Catat Rekor Harian Baru dengan 6.000 Kasus Covid-19


Nur Aivanni | Internasional

Prefektur Jepang Osaka akan mencatat sekitar 6.000 infeksi baru virus korona pada Selasa (18/1), kata kantor berita Kyodo, jauh melampaui angka tertinggi sebelumnya 3.760 yang ditetapkan pada akhir pekan.

Jumlah kasus baru di ibu kota, Tokyo, juga mendekati rekor, dalam kebangkitan yang didorong oleh varian omikron yang sangat menular yang telah mendorong kasus baru di Jepang ke sekitar rekor, dengan lebih dari 25.000 dalam beberapa hari terakhir.

Gubernur Tokyo dan prefektur sekitarnya sepakat minggu ini untuk meminta pemerintah pusat mengambil langkah-langkah memerangi infeksi, seperti jam buka yang lebih pendek untuk bar dan restoran.

Sepuluh prefektur telah mengajukan permintaan seperti itu, kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno kepada wartawan pada Selasa. Keputusan resmi tentang langkah-langkah kuasi-darurat kemungkinan akan dibuat pada Jumat.

Itu akan mengikuti pembatasan bulan ini di tiga wilayah yang menampung fasilitas militer AS, setelah tampaknya wabah omikron menyebar ke masyarakat sekitar.

Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit di Tokyo untuk pasien covid-19 naik menjadi 21,1% pada Senin, melewati ambang batas utama untuk tindakan pandemi tambahan. Peningkatan hingga 50 persen akan menjamin deklarasi keadaan darurat penuh. (CNA/OL-12)

BERITA TERKAIT